change Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 09 Desember 2011

TUGAS MID MAG SMT III

FAKULTAS EKONOMI
MANAJEMEN AGRIBISNIS (MAG)
UJIAN  MIDSEMESTER November 2011
DOSEN: Dr. Johannes, S.E., M.Si.

Nama: Umar Ma’ruf
Nim   : C1B010112
Kelas : G
Petunjuk.
·          Utamakan memberikan argumentasi daripada sekedar memberikan penjelasan sebagaimana dinyatakan dalam teori..
·          Jawaban disertai dengan memberikan catatan kaki dari hasil penelusuran sumber online. Jawaban diunggah ke email.
·          Seluruh jawaban yang dikirimkan lewat email ataupun diunggah harus dicetak dikumpul  pada satu map yang akan dinilai sebagai bagian dari hasil evaluasi  akhir. Jawaban yang diunggah paling lambat diterima Tanggal 6 Dsember 2011.
Kasus Kecil.
Susu kedelai menjadi minuman yang mempunyai pasar potensil di Indonesia karena berbagai khasiat yang diyakini diperoleh dari mengkonsumsi kedelai. Dibanding dengan susu dari hewan (sapi misalnya). Susu kedelai mempunyai keunggulan yaitu menurunkan kadar kolestrol selain itu,  susu kedelai juga kaya akan isoflavon. Dalam satu gelas susu kedelai terdapat lebih kurang 20 mg isoflavon, yaitu sumber antioksidan potensial. Isoflavon bermanfaat untuk mengurangi kolesterol, mengurangi gejala menopause, mencegah osteoporosis, dan mengurangi risiko kanker. Untuk kecantikan kulit, antioksidan dalam isoflavon menjaga kehalusan dan kemulusan kulit  (Mardi. 2011).

Potensi dan manfaat pasar yang dirasakan oleh pebisnis Agribisnis akan komoditi kedelai membuat Indonesia menjadi pasar yang menjanjikan. Produk dari luar semakin banyak ditemukan di pasar. Produk dari Malaysia misalnya memberi nama dengan Soya untuk produk kedelai mereka. Produk ini dikemas dengan bentuk yang demikian menarik sehingga memudahkan konsumen untuk memperoleh dan mengkonsumsinya. 

Namun ditemukan juga produk buatan penduduk yang dioleh secara manual, tradisonal  dan dalam skala kecil sehingga tidak competitive terhadap produk kedelai impor.  Dalam kaitan ini harus diketahui bahwa susu kedelai  diperoleh dari komoditi kedelai yang dihasilkan  dari dalam negeri maupun bukan. Ironis rasanya kondisi alam yang demikian memungkinkan untuk menanam kedelai, Indonesia malah menjadi pengimpor komoditi kedelai. 

Permasalahan agribisnis justru terlihat pada semua sektor, dimana menunjukkan bahwa hasil kedelai kita tak mencukupi untuk banyak kebutuhan. Komoditi kedelai sebagaimana disaksikan memberikan banyak jenis produk turunan seperti tempe, tahu, susu kedelai dll.  Semua produk turunan ini sangat menjanjikan untuk dipasarkan di Indonesia karena selera dan kultur bangsa Indonesia terhadap produk turunan kedelai demikian baik.  Dalam kaitan  ini jelaskanlah hal-hal berikut.
1.    Apakah yang dimaksud dengan derived demand  dalam prdouk agribisnis, jelaskan dengan  memberikan contoh.
2.    Menurut anda kenapa produk impor untuk susu kedelai  demikian  gencar memasuki pasar  dalam negeri? Adakah kondisi yang  terjadi karena  adanya kebijakan dalam negeri baik yang dikeluarkan oleh pemerintah atau oleh swasta yang memungkinkan kedelai impor bebas ditemui di Indonesia?
3.    Dibanding dengan susu kedelai lokal, susu buatan penduduk bagaimana anda dapat membuat perbandingan sehingga dapat dilihat susu kedelai mana yang lebih unggul. Buat jawaban dengan membuat perbandingan sehingga dapat dilihat mana yang unggul.
4.    Kenapa Indonesia tidak dapat memasok kebutuhan kedelai domestik? Jelaskan berbagai hal yang  menjadi penyebabnya.
5.    Dalamkaitannya dengan poin (4) jelaskan permasalahan dan solusi yang anda tawarkan  melalui pendekatan sistem agribisnis pada sub sektor agribisnis. Mardi.  2011.  Cara membuat susu kedelai.   http://www.vegetarian-guide.com/cara-membuat-susu-kedelai. Diunduh  01 Desember 2011.


Jawab: 1.
 deriveddemand/ permintaan yang di turunkan: bagai mana perubahan suatu tingkat pasar di cerminkan melalui tingkat pasr yang lain permintaan yang turunkan terdapat pada setiap input yang di pakai pada proses produksi dari produk akhir untuk suatu produk makanan pada tingkat pengecer,ada permintaan turunan untuk produk awal usaha tani, tenaga kerja,transportasi, modal, kredit dan suatu input yang di gunakan dalam produksi dan gerakan produksi usaha tani dari petani ke konsumen akhir penurunan permintaan menjadi lebih kompleks, jika harga-hrga produk akhir berfariasi sesuai denganproduk  industry bila seluruh perusahaan menyesuaikan input yang di gunakan dengan  mengikuti prosedur yang di gambarkan di atas. Jika ada persaingan dalam pembelian input dan penjualan produkakhir, kurva permintaan yang di turunkan untuk input akan berada di bawahpermintaan konsumen akhir(primary consumer demand)berdasarkan jumlah biaya pengolahan dan distribusi tentu saja di asumsikan bahwa , input dan produk akhir dapat dinyatakan sebagai perbabandingan kualitas. Hal ini serring berlakku untuk produk makanan secara individual dan produk usaha tani sebagai bahan mentah/baku. Dalam jangka panjang, tidaak ada keuntungan berlebih pada setiap tingkat pasar dan passer-pasar dalam  keadaa n bersaing terdapat tiga hubungan biaya konstan,biaya menaik,dan biaya menurun antara permintaan konsumen akhir(pengecer) dan permintaan yang di tgurunkan(usaha tani) untuk komoditi makanan.
Sumber:   scribd.com
Jawab: 2.
Karena Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi pebisnis agribisnis   untuk untuk memasarkan produk susu kedelai yang kaya akan pritein  dan nilai gizinya dank arena masyarakat Indonesia masih kurang peduli akan produk susu kedelai, masyarakat Indonesia lebih memilih membuat kedelai itu menjadi tempe  dan tahu saja meskipun ada susu kedelai tapi masih minim minat masyarakat untuk focus terhadap produk susu kedelai, sedangkan produk impor masuk dengan bentuk kemasan yang menarik dan produksinya juga dalam jumlah besar maka memuidahkan konsumen mendapatkannya oleh karena itu produk susu kedelai impor lebih banyak di temui di Indonesia.

Jawab: 3.
 Produk immpor dari luar sudah menggunakan  teknolagi dalam memproduksi dan memasarkanya yaityu dari segi pengemasannya. Produk impor beredar  di pasar dengan kemasan-kemasan yang menarik sehinnga mempermudahkan konsumen untuk memperoleh dan mengonsumsinya.  Sedangkan produk kita dalam pengolahanya hanya dengan cara manual, tradisional dan dalam skala kecil sehingga tidak competitive terhadap produk kedelai impor.

Jawab: 4.
 Karena hasil kedelai Indonesia masih belum mencukupi unttuk banyak kebutuhan . pengolahan kedelai di Indonesia masih banyak menggunakan cara tradisional, manual, dan masih dalam skala kiecil sehingga tidak kompetitif  dengan produk kedelai imppor.

Jawab: 5
Permasalahan terdapat di semua sector di mana menunjukan bahwa hasil kedelai kita belum mencukupi untuk banyak kebutuhan. Masyarakat Indonesia banyak yang memilih bahan kedelai menjadi produk turunan seperti temped an tahu meskipun ada juga produk susu kedelai tetapi lebih banyak yang memiluh membuat tempe d an tahu karna alat yang di gunakan masyarakat masih tradisional.
Solusinya: pemerintah memberikan sosialisasi tentang bagai mana memanfaatkan kedelai secara maksimal,di berikan bantuan alat-alat atau mesin yang dapat memperlancar produksi dan bahan penunjang lainya agar produksi susu kedelai kita dapat bersaing dengan produk susu kedelai dari luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan yang ingin bercuap-cuap postkan koment anda thnksqiu....!!

Entri Populer